Tuesday, July 2, 2013

Tarhib Ramadhan 1434 H

Alhamdulillah bulan Ramadhan 1434 H akan segera tiba dalam hitungan hari. Ada beberapa hal penting dalam Tarhib Ramadhan antara lain sebagai berikut:

1. Persiapan Ruhiyah
Persiapan Ruhiyah (Rohani) dalam bentuk ibadah seperti memperbanyak tilawah, qiyamul lail, shalat fardhu berjamaah, dll.

2. Persiapan Jasadiyah
Persiapan Jasadiyah (Fisik) seperti olah raga teratur, membersihkan rumah, makan-makanan yang sehat dan bergizi, dll.

3. Persiapan Maliyah
Persiapan Maliyah (Harta) seperti persiapan untuk lebih melipat gandakan sedekah, karena Ramadhan merupakan bulan memperbanyak sedekah. Selain sedekah kita juga harus membayar zakat fitrah di bulan ini.

4. Persiapan Fikriyah
Persiapan Fikriyah (Ilmu) seperti membaca berbagai bahan rujukan untuk memperluas wawasan serta menghadiri majelis ilmu tentang Ramadhan.

Untuk menambah persiapan Fikriyah, hari ini saya mengikuti kajian Islam yang diadakan oleh Rohis Solusi247. Kajian Islam kali ini bertema Persiapan Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1434 H dengan pembicara: Ustadz Sho'im Lc. Berikut ini inti sari dari Kajian Islam tersebut:

Allah memberikan fasilitas yang begitu memadai saat bulan Ramadhan. Ini adalah musim semi untuk kebaikan, jadi janganlah disia-siakan bulan Ramadhan ini. Seperti pada syair berikut ini:
"Apabila taman senantiasa gersang di musim semi, maka di musim apalagi dia akan subur.
Jika di bulan Ramadhan kita tidak mampu meningkatkan ketaqwaan. Maka di bulan mana lagi kita akan lebih bertaqwa."

Syair tersebut menjelaskan bahwa bulan Ramadhan sebagi titik keberangkatan atau sebagai madrasah (sekolah) dimana bulan-bulan setelah Ramadhan selanjutnya kita menjadi pribadi muslim yang lebih bertaqwa. 

0 comments:

Post a Comment

 
;