Tuesday, December 28, 2010

Sukses dengan SKS (Sistem Kredit Semester atau Sistem Kebut Semalem!!)

Supaya sukses menghadapi ujian, idealnya sih, kita mempersiapkan diri dengan belajar dari jauh-jauh hari. Faktanya, karena nggak sempat (atau malas!), kadang kita baru belajar menjelang hari-H dengan Sistem Kebut Semalem. Padahal nih, rasanya mustahil bisa memasukkan banyak materi dalam waktu singkat.

Tenang . . untuk mendapatkan nilai bagus, sebenarnya nggak mustahil kok, asal tahu triknya.


Singkirkan Buku, Baca Makalah

Makin tinggi semesternya, buku cetak atau text book yang digunakan biasanya juga makin tebal! Boro-boro bisa hafal seluruh materi di dalamnya, untuk baca hingga tuntas saja belum tentu keburu. Pas baca pun, biasanya kita bingung sendiri karena semua materi kayaknya sama penting. Belum lagi, kalau bukunya menggunakan teks bahasa asing. Duh! Daripada bingung, belajar dari makalah yang diberikan dosen atau dari catatan kuliah. Biasanya yang tertulis di makalah dan catatan merupakan inti mata kuliah.

Cek Jam Cerdas

Setia orang punya jam cerdas berbeda-beda – ada yang merasa otaknya bisa bekerja lebih maksimal di pagi buta, sedangkan lainnya malah baru on di malam hari.
Kalau termasuk golongan yang Cuma bisa konsen di pagi hari, ya jangan memaksakan begadang hingga larut. Mendingan tidur cepat, lalu bangun pukul dua pagi untuk belajar. Lain halnya bila kita termasuk yang cemerlang di malam hari. Begadang boleh, asal nggak bangun kesiangan dan telat sampai kampus.


Selamat menempuh ujian, Good Luck!

0 comments:

Post a Comment

 
;