Tuesday, December 28, 2010

Buktikan Kalau Kita Peduli Lingkungan

Jadi aktivis lingkungan? Yupi, kita bisa kok, mari kita mulai melestarikan lingkungan sekitar kita terlebih dahulu. Yang sederhana aja dulu. Karena kalau bukan kita – penduduk bumi ini – yang mau menyelamatkan bumi, siapa lagi?



Bersih - Bersih

Bersih itu sehat, bersih itu indah, bersih itu nyaman. Makanya, ngapain nunda, sih?
Buruan deh, bersih-bersih halaman dan selokan rumah. Singkirkan sampah yang menggunung, basmi daerah yang tergenang air, dan kuras tempat penyimpanan air.
Tindakan ini tidak hanya berguna untuk menghindarkan kita dari penyakit demam berdarah dan penyakit lainnya, tapi juga bisa membantu mencegah banjir. Malah kalau beruntung kegiatan bersih-bersih bisa menghasilkan juga. Jual botol bekas, koran jadul atau besi tua yang tidak terpakai.

Tanam Satu Tumbuh Seribu

Tahu sih, hari gini kalau bukan karena hobi, rasanya malas banget mau bercocok tanam.
Yakin deh, semua orang bisa berkebun. Lagipula merawat pohon itu mudah. Kalau malas menyirami tanaman, mending kamu tanam pohon di musim hujan, supaya air hujan yang mengguyurnya. Asal tau aja nih, merawat pohon juga nggak serumit tanaman hias, dia bisa merawat dirinya sendiri, bahkan bisa menghasilkan buah yang bisa kita nikmati.

Pakai Air Secukupnya

Meski air bukan sumber daya alam yang terbatas, kalau mengeksploitasinya secara berlebihan, nantinya kita akan kehabisan air (bersih).
Contoh sederhananya nih, cuci baju seminggu sekali biar nggak boros air, atau memaksimalkan daya kerja mesin cuci. Kalau si mesin maksimal mencuci lima kilo baju, ya masukkanlah lima kilo baju.

Hemat Listrik, Hemat Biaya

Tahu sendiri, kan sekarang ini semua serba pakai listrik mulai dari komputer, lampu, televisi, bahkan kompor.
Dengan berhemat listrik, selain bisa irit biaya, secara nggak langsung kita ikut melesterikan lingkungan. Saat ini sebagian pasokan listrik kita masih dihasillkan mesin yang menggunakan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi yang terbatas. Mesin pembangkit listrik juga membuat polusi udara, mengurangi listrik = mengurangi polusi.

Lama - Lama Jadi Bukit

Suka buang bungkus permen sembarangan karena nggak menemukan tempat sampah?
Kita memang hanya membuang satu bungkus permen. Tapi kalau ada sejuta orang yang berpikiran sama, jumlahnya jadi satu juta bungkus! Kalau memang nggak bisa menemukan tempat sampah, simpan saja dulu sampai ketemu tempat sampah.

Daur Ulang

Mendaur ulang kertas bekas adalah satu bentuk pelestarian alam paling penting.
Berapa banyak pohon yang ditebang untuk menghasilkan satu rim kertas. Karena itu, jangan langsung membakar tumpukan koran, majalah, tugas kuliah yang sudah kadaluarsa. Sebaiknya kasih saja ke pemulung.

Cermat Pilih Produk

Memilih produk sehari-hari yang ramah lingkungan bisa menjadi kontribusi kita.
Kita bisa melestarikan lingkungan dengan memilih produk yang dikemas kertas daripada plastik, atau memilih bahan-bahan kebutuhan yang bahannya tidak merusak lingkungan, dan kemasannya bisa di daur ulang.
Kita juga bisa membawa tas sendiri, ketika berbelanja, sehingga mengurangi penggunaan plastik.

Kelihatannya memang sepele, tapi sudah bisa nunjukkin peran kita dalam menyelamatkan lingkungan.

0 comments:

Post a Comment

 
;