Hari ini saya menghadiri seminar nasional pendidikan di STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Surya Tanggerang.
Pagi-pagi sekali saya berangkat menggunakan kereta Commuter Line dari stasiun Tebet yang kemudian transit di stasiun tanah abang dan naik kereta yang jurusan Serpong kemudian naik angkutan umum ke Gading Serpong kemudian naik ojeg ke lokasi seminar di SURE Center.
Berikut ini catatan seminar:
Efektifitas Metode Belajar E-Learning untuk Pelajaran Non Eksak (Studi Kasus di Universitas X Jakarta Timur) by Fadhilah Hisyam, Fadjriah Hapsari
Isu dan Tantangan dalam Mengajar Object Oriented Programming
Latar Belakang
Ø Bahasa Pemrograman dan konsep programming
Ø Procedural Programming (PP) and Object Oriented Programming (OOP)
Ø OOP sebagai keterampilan dasar ini Computer Science
Permasalahan
Ø Tidak semua siswa dapat mengikutinya dengan baik
Ø Isu dalam mengajar OOP
Ø Menggunakan pendekatan induktif sebagai solusi
Ø Bagaimana penerapan pendekatan induktif dalam mengajar
Apa isu dan tantangan dalam mengajar OOP menggunakan pendekatan induktif
Pendekatan induktif:
Ø Mengatasi masalah perubahan paradikma
Ø Mengajar siswa bagaimana logika berpikir sebelum menulis program
Analisis thematic
Penggunaan UML (Unified Manipulation Language)
Isu dan Penjelasan:
Ø Kurangnya pemahaman dalam bahasa pemrograman dasar
Ø Isu tentang tingkah laku siswa
Ø Isu tentang waktu
Ø Isu dalam memahami konsep OOP: Siswa mempunyai kesulitan dalam memahami konsep OOP
Tantangan:
Guru membimbing siswa agar dapat mempunyai percaya diri yang tinggi agar bisa membuat program
Isu dalam mengajar teori di sesi lecture:
Guru biasanya mempunyai keterbatasan waktu dalam melaksanakan sesi lecture
Strategi mengajar OOP:
Ø Menggunakan pendekatan induktif
Ø Guru akan memperkenalkan syntax terlebih dahulu ke siswa tanpa mengajarkan konsep OOP.
Learning Management System (LMS)- Moodle
Pengembangan alat Typing Tutor untuk belajar mengetik dengan keyboard
Dari seminar ini juga saya mengetahui tentang film Mestakung : Semesta mendukung.
0 comments:
Post a Comment